Sabtu, 19 Mei 2012

Tempat Terdingin di Bumi



Tempat Terdingin di Bumi

            Tidak ada kata yang cukup tepat untuk menggambarkan suasana kutub. Sejauh mata memandang hanya ada hamparan es yang putih bersih dan jauh dari polusi, karena sangat jarang dikumjungi manusia. Pesawat pun sangat jarang melintas di sana, bila tidak untuk keperluan penelitian.

Kutub Utara merupakan lautan beku yang sering disebut lingkaran Arktik (Artic Circle). Sebaliknya, Antartika di Kutub Selatan adalah daratan benua yang terdiri dari wilayah pegunungan yang dikelilingi lautan. Bagian tengah Benua Antartika dan Arktik merupakan pole atau yang disebut sebagai kutub. Ada 2 kutub di bumi, yaitu utara dan selatan.

Antartika merupakan tempat terdingin di Bumi dengan suhu mencapai minus 85 dan dan minus 90 derajat Celsius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas.

Ada 2 musim di sini, yaitu musim panas dan dingin. Lama masing- masing musim mencapai 6 bulan. Pada musim panas, Antartika akan terang benderang hingga 6 bulan. Sebaliknya, jika musim dingin, kegelapan akan menyelimuti seluruh permukaannya selama waktu itu pula.

Sebagian besar kawasan Benua Antartika terdiri dari es, yang konon jika dicairkan bisa memenuhi tiga perempat kebutuhan air minum di seluruh dunia. Benua Antartika jauh lebih dingin daripada Arktik sehingga terdapat lapisan es di sana yang tidak pernah meleleh sepanjang sejarah.

1 komentar:

selimut mengatakan...

berapa derajat celcius kalo musim panas di kutub?

 
Copyright (c) 2010 Teach Geograf. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.